3 August 2008

Andai Saya Jadi Editor

BAGIKAN
Visi saya kalau menjadi Editor di sebuah penerbitan adalah: “Membangun Kesadaran Menulis dan Membaca di Kalangan Intelektual demi Terciptanya Kesederhanaan Ide dan Gagasan”. Dengan visi yang saya paparkan di atas, maka beberapa misi yang bisa mengantarkan kepada tujuan yang dimaksud, adalah sebagai berikut:
....
Pertama, melakukan editing terhadap naskah penulis yang rumit dengan perombakan struktur bahasa ke dalam bahasa yang mudah dicerna khalayak. Tentunya tanpa mengurangi dan menyimpangkan ide besar yang diangkat penulis. Dengan berbekal pengalaman menulis di berbagai media, saya akan melakukan “jihad intelektual” ketika mengedit naskah. Sebab, kelemahan para penulis dari kaum akademis adalah tidak mampu meramu ide cemerlang ke dalam bahasa masyarakat, yang secara intelektual berada dibawahnya.

Kedua, melakukan survey pembaca atas materi yang diangkat dalam sebuah naskah sehingga layak diterbitkan. Caranya adalah membangun kerjasama tanpa biaya dengan komunitas pembaca dan penulis untuk memberikan pendapat tentang naskah yang sedang digarap. Selain melakukan survey terhadap konsumen pembaca, saya juga akan melakukan hunting ke toko buku untuk melihat judul buku terkait yang laris di pasaran. Saya pikir, Mati atau hidupnya penerbitan buku ditentukan seberapa banyak buku yang diterbitkannya laku di pasaran. Seandainya Editor/Copy Editor hanya berdiam diri di depan komputer tanpa melihat peluang pasar, niscaya kualitas buku dan penjualannya tidak akan meroket.

Ketiga, dari segi kualitas buku, saya akan melakukan cek dan ricek apakah tidak ada unsur plagiasi dalam penulisannya. Materi tulisan pun akan menjadi perhatian lebih saya. Sebab, kualitas buku bisa ditentukan dari seberapa mendalamnya ia memberikan kontribusi bagi pembaca sehingga ada keinginan mengubah hidup. Untuk mencapai tujuan tersebut, saya akan memberikan masukan kepada penulis untuk melakukan tambahan jika sekiranya ada materi yang keropos.

Sekian misi saya seandainya diterima sebagai Editor/Copy Editor di perusahaan Dixigraf International. Mudah-mudah saya bisa membuktikan misi tersebut jadi sebuah kenyataan. Demi terwujudnya kesedarhanaan ide dan gagasan sehingga masyarakat awam bisa memartabatkan dan menaikkan harkatnya. Amiin




BAGIKAN

Penulis: verified_user

0 komentar: