23 October 2008

Blog Is My Online Diary

BAGIKAN
By Sukron Abdilah

Menulis di Blog memang mengasyikkan. Saya jadi keranjingan menulis secara langsung di blog. Dan, blog ini adalah semacam buku diary saya. Segala apa yang saya pikirkan dan rasakan, ditunagkan dalam blog ini. Konten tulisannya bebas beragam. Mau soal tulisan, kehidupan, dan kesoalan yang melingkari nafas saya.

Ngomong-ngomong tentang lingkaran. Hidup adalah lingkaran-lingkaran yang selalu kita ikuti kemana arahnya berputar. Sedih-Gembira adalah atas-bawah yang pasti akan kita lalui dan rasakan. Depan-Belakang adalah kesuksesan dan kegagalan si anak manusia dalam hidup. Saya, anda, kita, dan kami adalah manusia yang tak bisa lepas dari semua itu.

Maka, tanpa ada pegangan yang kuat terhadap titik pusat kehidupan ini (Tuhan), kita akan menjadi manusia pencela dan pencaci. Tuhan adalah titik pusat lingkaran yang terus memutarkan arah kehidupan di muka bumi. Sekencang-kencangnya putaran yang dilakukan Tuhan terhadap lingkaran hidup, kalau kita kuat berpegang pada titik pusat, tidak akan terpelanting jatuh. Maka agar seseorang tidak terlempar dari pusaran mengganas, dibutuhkan tali untuk berpegang. Dan, agama adalah tali tersebut. Otomatis dong religere itu diartikan sebagai ikatan.

Sebab, tali yang kita ikatkan ke badan akan menjadi pengokoh agar kita tidak terlempar dari lingkaran-lingkaran tersebut. Bisa soal kegelisahan, kekecewaan, kemenderitaan, dan keletihlesuan menghadapi derasnya arus kehidupan ini. Saya menulis di blog adalah untuk mencoba agar hidup tidak diakhiri dengan bunuh diri. Kesal pada seseorang, tinggal tulis. Senang ke seorang wanita, tinggal tulis. Pokoknya tinggal tulis...lis....lis!

Dalam bahasa lain blog adalah tempat belajar menulis saya. Tulisan-tulisan saya di multiply adalah edisi buku diary yang berharga bagi saya. Menulis menjadi tidak harus taat pada aturan baku. Kita menjadi bebas mengikatkan diri pada kebeningan dan kekalutan jiwa serta hati kita. Kalau isi tulisannya ndak bisa dipahami, itu indikasi bahwa ada yang tak beres dengan jiwa saya. Online Diary ini, berposisi sebagai pembetul arah jiwa saya.

Jadi, Blog Is My Online Diary!!!
BAGIKAN

Penulis: verified_user

0 komentar: