23 February 2009

Selamat buat www.sunangunungdjati.com

BAGIKAN
Oleh SUKRON ABDILAH

Ketika saya ngobrol ngaler-ngidul dengan Ibn Ghifarie, pada pertengahan Desember 2008, tanpa sengaja lahir gagasan membuat web komunitas blogger di UIN Bandung. Dengan bantuan beberapa teman, dibangunlah weblog yang memanfaatkan layanan gratis, blogger.com (http://sunangunungdjati.blogspot.com). Saat itu, sebagai pemula di dunia blog (blogosphere) saya menyambut baik lahirnya media komunitas blogger ini.

Alhamdulillah, sekarang web komunitas pindah alamat ke sunangunungdjati.com. Informasi ini diperoleh ketika saya hendak mengupdate tulisan pada alamat dulu di blogger.com. Meskipun ada beberapa kekurangan, kehadirannya, diharapkan dapat meningkatkan tradisi menulis dan membaca di lingkungan kampus.

Dengan ini, saya berharap alumni dan pihak kampus merespon niat baik Ibn Ghifarie dkk. Sunangunungdjati.com juga harus bisa memfasilitasi mahasiswa, dosen, bahkan professor untuk blogging. Sebab, blog adalah salah satu media yang akan menciptakan kesederhanaan bahasa. Dengan rajin memposting tulisan di blog, civitas academica bakal mampu menyederhanakan teori rumit ke dalam bahasa sederhana.

Misalnya, kompasiana.com yang banyak diisi ahli dari berbagai disiplin ilmu. Baik professor, guru besar, dosen, wartawan, pendidik, pemerhati, profesional bahkan artis meramaikan media yang dibangun untuk mewadahi jurnalis Kompas. Sekarang, dengan semakin banyaknya blogger, di kompasiana.com tersedia ruang bagi para penulis yang berasal dari masyarakat umum.

Nah, dalam konteks UIN Bandung, apa salahnya kalau dosen, guru besar, professor, mahasiswa dan alumni diberi ruang untuk menulis di www.sunangunungdjati.com. Tentunya mereka yang siap mengupdate-nya. Sekadar usulan bagus sekali kayaknya setiap penulis mendapatkan subdomain. Misalnya babaicon.sunangunungdjati.com (dosen), ghifarie.sunangunungdjati.com (alumni), dan seterusnya. Kalau tidak bisa, minimalnya ada penulis yang siap mengupdate conten biar tidak terlihat seperti “astana anyar”. Bravo sunangunungdjati.com!




BAGIKAN

Penulis: verified_user

0 komentar: