30 June 2009

Belajar Dari Polisi Tidur

BAGIKAN

Biasanya, bagi para pengendara bermotor yang kerap melewati kompleks perumahan atau jalanan dipedesaan, akan begitu akrab dengan istilah polisi tidur. Entah dari mana asal-usul kalimat polisi tidur ini. Yang jelas, tujuan dari pembuatan polisi tidur tersebut, untuk mengatur laju kecepatan kendaraan bermotor yang melintasi jalanan agar tidak cepat.

Seperti yang dikatakan oleh ketua RT sebuah kompleks perumahan di wilayah Bandung, “Kalau nggak dibuat polisi tidur, suka terjadi (kecelakaan) tabrak lari”. Ya, dengan penjelasan bapak RT tersebut, berarti polisi tidur adalah semacam ciptaan manusia yang digunakan untuk mengatur lalu lalang kendaraan bermotor. Agar tidak terjadi kebut-kebutan dan tentunya agar bisa menghindari terenggutnya korban jiwa akibat tabrak lari.

Bentuk topografi polisi tidur juga, berasal dari bahan-bahan yang lazim digunakan untuk membangun sebuah rumah. Diantaranya semen, air secukupnya, dan kalau ingin tahan lama bisa menyertakan pasir dalam proses peramuannya. Kokoh, kuat, dan gagah sehingga tahan banting. Lalu, posisi fisiknya juga terlentang dari kiri jalan ke kanan jalan bagaikan seorang manusia yang sedang tidur-tiduran.

Uniknya, polisi tidur tak pernah sama sekali diberitakan tidur dari tugasnya untuk mencegah para pengendara motor “bebas kebut-kebutan”. Apalagi, tidak pernah ada barangkali polisi tidur yang minta jatah uang bayaran kepada para pengendara yang melintas.

Coba pikirkan, polisi tidur tidak pernah mengais rezeki dan menambah uang sakunya dengan cara-cara yang korup dan jahat. Ya, karena polisi tidur adalah benda yang tak membutuhkan uang. Tulus-ikhlas, sungguh-sungguh bekerja, dan menyadari fungsinya sebagai ciptaan manusia yang harus menjaga keamanan lingkungan sekitar. Meskipun polisi tidur tidak diceritakan bisa berbicara, berpikir, dan bernafsu. Oleh sebab itu, kita jangan pernah mau kalah oleh polisi tidur yang terus-terusan tidur, tapi tetap terbangun untuk membantu lalu lintas di kompleks perumahan sehingga kecelakaan (tabrak lari) bisa diminimalisasi.

Di kampung saya, suatu malam ada orang jahat yang mencoba membobol warung. Ketika pencuri tersebut kepergok masyarakat, mereka langsung lari terbirit-birit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Kami pada saat itu, terus mengejar sambil berteriak bersama-sama “maling..maling..maling”. Selang beberapa menit, suara motor itu pun mati. Kemudian, warga menemukan pencuri itu sedang terbaring lemah di selokan depan rumah kakak saya.

Setelah diselidiki, ternyata kendaraan motor yang dikendarai si pencuri itu tidak seimbang ketika harus melalui beberapa Centi meter (cm) tinggi polisi tidur buatan warga. Apalagi saat itu malam gelap gulita. Mereka tidak melihat bahwa didepannya berjejer kuat polisi tidur. Inilah kedisiplinan yang mesti kita renungi dan amalkan dalam kehidupan. Disiplin ketika bekerja, menyelesaikan tugas secara tepat, dan bertanggung jawab atas apa yang kita kerjakan.

Kita tahu bahwa tujuan diciptakannya polisi tidur adalah untuk mengatur dan membenahi kesemrawutan dijalanan. Tidak untuk memungut uang liar atau menyusahkan orang lain. Tak arif rasanya kalau keberadaan polisi tidur banyak dimanfaatkan oleh warga untuk memungut uang liar. Sejenis uang pungutan yang diperoleh dari kantong para pengendara bermotor secara liar. Secara ekologis, kata “liar” ini menunjukkan pada kondisi keliaran seekor hewan yang belum mampu beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Nah, untuk menjinakkan hewan tersebut butuh kemampuan yang mumpuni. Misalnya, kepiawaian seperti yang dimiliki para cowboy ketika menjinakkan banteng, kuda dan sapi hutan yang liar. Jadi, uang liar secara istilah adalah uang yang berasal dari kantong orang lain yang harus dijinakkan karena belum bisa dibelanjakan. Orang yang mengambilnya secara paksa, bisa disebut juga dengan “maling” atau pencuri.

Biasanya, sih, untuk menjinakkan uang liar itu para oknum di jalan raya, umpamanya, banyak menilang para pengendara bermotor dengan alasan melanggar rambu lalu lintas. Para pengendara nakal yang semestinya membayar denda lebih besar, bisa diturunkan hingga 10 ribu perak, 15 ribu perak, dan 20 ribu perak. Akibatnya mereka (baca: para pelanggar) tidak jera sama sekali. Malahan semakin menjadi-jadi melanggar rambu lalu lintas.

Mengapa? Sebab ketegasan hukum di Negara ini sangat murah sehingga banyak dimanfaatkan oleh para pengendara yang patologis. Karena itu, sisi fungsional polisi tidur harus kita resapi, hayati dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau polisi tidur mampu tidur dari praktik pemungutan liar (pungli) di jalan raya, kenapa kita tidak bisa menggenjot “Roh kejujuran” dalam hidup? Polisi tidur yang berasal dari makhluk tak memiliki roh, toh masih memiliki “Roh kejujuran”.

Lantas, bagaimana dengan kita?

Tentunya kalau mengaku manusia yang berjiwa, mesti menanamkan kejujuran dalam hidup mulai detik ini. Karena ketika kita tidak jujur dalam hidup, sama juga dengan mengingkari diri bahwa setiap manusia memiliki potensi kebaikan. Maka, kata “tidur” juga mesti kita tafsirkan sedang beristirahatnya diri ini dari segala praktik ketidakberartian hidup.

Pertanyaannya, mampukah kita semua bersikap dan bertindak seperti polisi tidur? Walaupun polisi tidur posisinya bagaikan orang yang sedang tidur, tapi tak pernah tidur-tiduran ketika mengatur lalu lintas kendaraan di jalan raya. Bahkan, ketika ada pencuri yang mencoba kabur, pengendara yang ngebut terus, ia selalu siap mencegahnya tanpa mempermasalahkan uang bayaran.

Bagi para pembaca, mungkinkah dengan kondisi ekonomi yang karut-marut ini jiwa kita masih bisa kokoh, kuat dan teguh untuk menjalankan fungsi kemanusiaan secara jujur? Kita berdoa dan berusaha saja, mudah-mudahan kita bisa berperilaku seperti halnya polisi tidur. Kokoh, kuat, disiplin, ulet dan jujur meskipun sengatan matahari siang hari panasnya tak terkirakan. Tapi tidur-tiduran polisi tidur tak harus kita tiru tanpa bisa menorehkan segenap keberartian dalam hidup.

Asyik rasanya kalau kita tiru kekokohannya, kedisiplinannya, tanggungjawabnya, keuletannya, dan terarkhir, kejujurannya. Itulah manusia yang memiliki arti dan makna hidup. Ayo, bikin hidup anda lebih berarti dan bermakna!




BAGIKAN

Penulis: verified_user

5 komentar:

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]osx address book into filemaker pro 9, [url=http://firgonbares.net/]kaspersky 7.0 anti spam failed initialization error[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] nero 6 corel draw graphics suite x4 coreldraw manual
harvard software purchase [url=http://firgonbares.net/]software house canada[/url] filemaker pro 9
[url=http://firgonbares.net/]computer software discounts for[/url] buy retail software
[url=http://firgonbares.net/]microsoft website software[/url] to buy software update
adobe photoshop cs4 serial [url=http://firgonbares.net/]software reseller directory[/b]

Anonymous said...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]discount software for schools, [url=http://sunkomutors.net/]Mac Parallels[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] price checking software software to buy for
discount software discount game software [url=http://sunkomutors.net/]9 Advanced Retail Price[/url] error 1606 coreldraw windows vista
[url=http://sunkomutors.net/]autocad blocks[/url] freeware educational software
[url=http://sunkomutors.net/]maths educational software[/url] nero 7 download
free quarkxpress templates [url=http://sunkomutors.net/]cheap windows software[/b]

Anonymous said...

[url=http://bariossetos.net/][img]http://vonmertoes.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]office document software, [url=http://vonmertoes.net/]to buy original software[/url]
[url=http://vonmertoes.net/][/url] filemaker pro 10 bible acdsee 6
buy discount software [url=http://bariossetos.net/]academic software purchases[/url] software downloads com
[url=http://bariossetos.net/]used software canada[/url] Studio 4 Pro Mac
[url=http://bariossetos.net/]college student discount software[/url] free purchase management software
adobe software educational discount [url=http://hopresovees.net/]kaspersky key[/b]

Anonymous said...

[url=http://hopresovees.net/][img]http://bariossetos.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]deactivating adobe software, [url=http://vonmertoes.net/]discount software uk[/url]
[url=http://hopresovees.net/][/url] child educational software educational science software
we sell software [url=http://vonmertoes.net/]kaspersky virus[/url] administration software canada
[url=http://bariossetos.net/]buy student software[/url] adobe photoshop cs4 extended full with serial torrent
[url=http://hopresovees.net/]pro discount software[/url] adobe software packages
adobe photoshop elements 6 for mac [url=http://hopresovees.net/]buy bulk email software[/b]

Anonymous said...

[url=http://vonmertoes.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]download kaspersky anti kaspersky, [url=http://hopresovees.net/]minimal price software[/url]
[url=http://hopresovees.net/][/url] virtual office software free windows xp
windows xp microsoft word free download [url=http://vonmertoes.net/]price for software[/url] discount mountain software
[url=http://hopresovees.net/]cheap childrens software[/url] download free nero burner
[url=http://bariossetos.net/]buy pirated software[/url] free adobe software for students
Software instantly [url=http://vonmertoes.net/]coreldraw graphics suite x4[/b]