9 July 2009

Ini adalah Soal Kreativitas!

BAGIKAN
Kreativitas adalah inti ekonomi kreatif. Ide dan gagasan memegang peranan penting dalam membangun keajegan ekonomi era terakhir ini -- kalau betul kiamat terjadi tahun 2012. Dasar pendapat menyesatkan. Kreativitas akan lahir ketika kita tidak memikirkan akhir dunia alias kiamat. Satu rahasa melahirkan kreativitas dalam keekonomian kita adalah memupuk terus pemikiran-pemikiran yang tidak dikungkung dogamtisme buta. Bukankah Islam -- ini agamaku -- menganjurkan kita untuk melakukan ijtihad?
Tadi sore saya membaca buku Kang Jalal -- saya lebih nyaman memanggilnya Akang meskipun lebih pantas disebut syeikh -- berjudul: Rekayasa Sosial. Pantantis. Dengan bahasa yang sebegitu renyah ia memberikan pemahaman kepada saya tentang tujuan perubahan sosial yang tidak berat sebelah. Tidak materrialisme an sich atau juga tidak berdasar pada hal-hal potensial yang tak terlihat. Satu yang membuat saya tersadar sebagai mantan santri di Persatuan Islam (Persis) dan sekarang aktif di organisasi otonom Muhammadiyah, IMM. Adalah keniscayaan penelitian seorang bule belanda dan orang asing lainnya -- ayo siapa? -- bahwa warga Persis dan Muhammadiyah terdiri dari orang-orang yang kreatif dan inovatif. Itu tahun 60-an. Sekarang katanya setiap organisasi modern tersebut seakan menghentikan warisan kreatif para pendahulunya.

Tidak percaya? di Muhammadiyah saja para pengusahanya bisa dikalahkan oleh anggota muhammadiyah yang berprofesi sebagai pegawai negeri atau karyawan. Ini yang harus kita ubah, dari bawah. Apalagi sebagai organisasi modern seharusnya Muhammadiah --k husus kadernya -- memelihara terus pikiran-pikiran kreatif. Hmmm..., akhirnya saya jadi berpikir mulai sekarang ingin terjun menjadi pengusaha di bidang kreativitas, ya. Sebab, dengan menjadi pengusaha kita tidak akan menyembah-nyembah berhala yang sekian banyak melingkari dunia kerja. Akhirnya, keikhlasan dan produktivitas menjadi tidak telrihat hasilnya secara maksimal.

Usaha yang akan dibangun saya bersama kawan-kawan IMM dan satu teman lainnya adalah menelurkan kesadaran baru di dunia perbukuan. Anda menulis, anda mengedit, anda mendesai, anda memasarkan. Itulah self publishing. Saya sedang merintis usaha di dunia ide dan jasa. Anda menggunakan jasa kami, dan ide yang saya berikan harus dihargai sesuai kebebasan yang saya memiliki. Sekian tulisan ngelantur yang tanpa arah jelas kemana tulisan ini dimaksud. O...ada empat buku siap terbit...lagi cari modal atau pinjaman. Bekerjasamalah!!!!! Hehehe

Sekarang Irfani-kreativa hadir untuk membuat anda pandai membukukan catatan atau tulisan yang mangkir di almari kerja. Bahkan bernasib naas disimpan rapi di tong sampah redaksi penerbitan.
BAGIKAN

Penulis: verified_user

0 komentar: