29 August 2009

Pertemuan SGD Blogger Bahas Tim Susur Facebook

BAGIKAN
Oleh SUKRON ABDILAH

Hari Sabtu (15/08), pukul 21.05 WIB bertempat di Ruang an Diskusi Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman (LPIK) Bandung, Gedung Student Centre (SC) UIN Bandung Lantai II Blok J2, Jl A H Nasution No 105 Cipadung Bandung 40614 Sunan Gunung Djati menggelar Kopdar sekaligus bahas Tim Susur Facebook.

Pemimpin Umum Sunan Gunung Djati, Ibn Ghifarie memberikan pengarahan kepada pengelola baru.

Alhamdulillah, setelah menginformasikan di Facebook, tentang lowongan tim susur Facebook, redaksi disambangi Cecep Hasanuddin. Ia adalah blogger yang berasal dari jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Bandung semester enam.

Saudara Cecep pun didaulat mengelola dan mengurusi penelusuran tulisan atau catatan yang diposting civitas akademika UIN Bandung seperti dosen dan mahasiswa. Selain mereka, tidak ketinggalan juga postingan artikel di facebook yang berasal dari alumni UIN SGD Bandung.

Ibn Ghifarie mengatakan bahwa di web komunitas blogger UIN SGD Bandung, pengelolaan diserahkan secara murni kepada alumni dan mahasiswa UIN Bandung. Web komunitas blogger Sunan Gunung Djati, seperti dikatakan Buledzh (panggilan akrab Ibn Ghifarie) tidak berada pada garis pengelolan pihak kampus UIN Bandung.

Website ini adalah wadah independent bagi mahasiswa, dosen, dan alumni menuangkan ide-gagasan, pemikiran, refleksi, dan pengalaman secara bebas. Ke depan, tepatnya, Januari 2010, website ini akan melakukan prombakan konsep dalam menyajikan konten sehingga lebih menarik dan interaktif. Itu yang ngomong adalah buledz atau lebih dikenal Ibn Ghifarie.

Pada kesempatan itu juga, hadir Tim (pengelola) Sunan Gunung Djati, saya (Sukron Abdilah), Jajang Badruzaman dan Amin R Iskandar. Saudara Amin R Iskandar yang baru pulang dari Jakarta pada malam itu memberikan satu eksemplar buku yang ditulis kang Hawe Setiawan, Atep Kurnia, dan saudara Amin R Iskandar.

Buku itu adalah biografi ajengan Engkin (almarhum EZ Muttaqin), seorang ulama dari Tasikmalaya yang pernah menjabat rektor Universitas Islam Bandung (UNISBA). Satu lagi blogger UIN SGD Bandung yang telah berkecimpung di ranah penerbitan buku. Ya, dia adalah Amin R Iskandar, yang sekarang disamping menjadi mahasiswa jurnalistik UIN SGD Bandung, dia juga adalah seorang wartawan majalah mingguan Mimbar Politik.

Pada malam minggu itu juga – ketika mahasiswa sedang asyik ngapel dan bercengkrama dengan sang kekasih – pengelola Sunan Gunung Djati, malah asyik ngobrol ngalor-ngidul tentang upaya memajukan web komunitas blogger ini. Saya, yang diserahi tugas melaporkan kegiatan malam tadi, harus rela menulis dengan gaya menulis saya sendiri.

Ya…namanya juga blogger, menulis adalah ekspresi kebebasan. Tidak ada aturan ketat di media ini. Media yang sekarang banyak disalahpahami sebagai antek pihak kampus UIN SGD Bandung. Dengan senang hati harus kami beritahukan bahwa www.sunangunungdjati.com merupakan media murni dari kepentingan politik kampus. Itulah yang saya katakan pada kawan-kawan yang hadir (Agung TW, Amin R Iskandar, Jajang Badruzaman, dan Cecep Hasanuddin).

“Eh…ari “Guru” Badru kamana nya? Saya mau mengucapkan terima kasih karena sudah memberikan pakaian yang pantas buat tampilan web ini. Hatur nuhun…syeikh. Ana min sunangunungdjati…untuk sekarang hanya bisa berterima kasih. Ke depan, kalau sudah membesar, ada…lah buat jajan-jajan mah. Oleh karena itu, mari kita rintis bersama-sama.”

Sekian dulu…saya menulis laporan kopdar mingguan ini. Kalau tidak setuju dengan gaya laporan saya…NULIS MAH BEBAS…..kumaha ngaing!!!!

BAGIKAN

Penulis: verified_user

0 komentar: