5 October 2009

Jangan Pernah Menyerah

BAGIKAN
We will not go down/In the night, without a fight/You can burn up our mosques and our homes and our schools/But our spirit will never die/We will not go down/In Gaza tonight// (Michael Heart, We Will Not Go Down)

Wow…, menyentuh sekali lagu yang diciptakan dan dinyanyikan Michael Heart ini. Membuat saya merasakan bahwa hidup harus terus dipertahankan. Ya, meskipun segala gempuran masalah hidup terus menerjang. Ketahuilah, kawanku, hikmah dibalik setiap persoalan sulit akan diperoleh ketika berhasil melewatinya. Jadi, jangan pernah menyerah ketika lilitan soal kehidupan terus mengerangkengmu.

Kutipan di atas saya ambil dari sebagian lirik lagu untuk Gaza, yang digempur pasukan Israel selama beberapa minggu. Judul lagunya, “We Will Not Go Down” yang memiliki arti, Kami Tidak Akan Menyerah. Lagu sederhana gratisan ini menggambarkan kegetiran yang diakibatkan perang Israel-Palestina yang sudah berlangsung selama puluhan tahun. Sekadar informasi, dalam situs www.michaelheart.com, selama dua minggu lagu ini banyak yang menayangkan di Youtube sebanyak 750 ribu, 250 ribu mendownload mp3-nya, dan 10 ribu e-mail yang masuk kepada Michael Heart.

Saya jadi terinspirasi dengan lirik ini, kawanku. Setiap hari selalu mendengarkan, memahami, dan menghayati kalimat “We Will Not Go Down”. Indah rasanya kalau kita memiliki semangat tidak pernah menyerah ketika bernafas di dunia ini. Kurang lebih, terjemahan dari sebagian lirik itu adalah, “Kami tidak akan menyerah. Di malam hari, tanpa perlawanan. Kalian bisa membakar masjid kami, rumah kami dan sekolah kami. Tapi semangat kami tidak akan pernah mati. Kami tidak akan menyerah. Di Gaza malam ini.”

Kawanku…, “jangan pernah menyerah”. Teruslah berupaya memahami bahwa hidup itu adalah ruang dan waktu yang harus diisi dengan kerja keras, sungguh-sungguh, dan bertujuan. Ketika kamu menginjakkan kaki di tanah untuk berjalan menuju sekolah, cobalah bayangkan warga di Gaza. Mereka harus berlari dan tertekan karena bangunan sekolahnya terancam. Syukurilah kawan. Dan, bentuk syukur itu adalah membekali diri dengan mental tangguh menghadapi setiap permasalahan yang melilit hidup.

Kalau saja kamu ingin memiliki mental tangguh, cobalah sekali-kali menjalankan syariat yang ditentukan dalam Al-Quran dan Sunah Nabi Saw. Dirikanlah shalat sunah. Sebab, ibadah anjuran ini meskipun tidak akan berdosa meninggalkannya, tetapi ada berbagai manfaat positif bagimu. Salah satunya adalah membentuk mentalmu hingga sekuat baja, setangguh istana kerajaan, dan sekokoh Ka’bah (baitullah).
Tertarik untuk menjadi manusia yang tidak gampang menyerah?


BAGIKAN

Penulis: verified_user

0 komentar: