14 November 2009

Silaturahim Produktif Khas PIKI

BAGIKAN
Silaturahim dalam konteks masyarakat modern bisa beragam bentuk dan wujud. Diskusi, sharing pemikiran, kerjasama, kencan, makan bersama, dan sebagainya. Meskipun, kita tidak dapat menafikan dalam “silaturahim” itu kerap bersemayam kepentingan tertentu. Yang pasti, sebagai manusia beradab, aktivitas “silaturahim” mesti menelurkan peradaban baru yang mencerahkan.

Hari Kamis kemarin (13/11/2009), pengurus Harian Online Blogger Sunan Gunung Djati diundang oleh Pusat Informasi dan Kajian Islam (PIKI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. PIKI mengaku memiliki konsep dan gagasan tentang pengembangan Kampus, namun sampai sekarang sulit terlaksana karena berbagai kendala. Maka untuk mewujudkan gagasan tersebut, pihak PIKI menjajaki kerjasama dengan komunitas Blogger yang dikelola alumni dan mahasiswa, yakni www.sunangunungdjati.com.


Lembaga yang dipimpin Drs.H. Darun Setiadi, M.Si, ini merasa perlu melakukan hearing dengan team Sunan Gunung Djati. Sebab, team yang dinakhodai Ibn Ghifarie ini merupakan potret semangat terpendam civitas akademika UIN Bandung dalam membangun UIN Bandung di dunia cyber. “Mereka ini adalah contoh dari the lost generation, yang dapat pergi begitu saja karena berbagai kendala. Oleh karena itu PIKI perlu mengembangkan potensi yang terpendam untuk membentuk citra UIN Bandung ke depan.” Ujar Darun Setiadi di sela-sela silaturahim dengan team Sunan Gunung Djati selama 3,5 jam tersebut.

Pada kesempatan tersebut, 10 orang hadir di Kantor Pusat Informasi dan Kajian Islam (PIKI), lantai I gedung Al-Jamiah UIN Bandung. Kesepuluh orang tersebut masing-masing terdiri dari 5 orang pihak PIKI dan 5 orang dari pengurus www.sunangunungdjati.com. Pada kesempatan itu juga, PIKI berharap komunitas blogger ini dapat mengejawantahkan gagasan besar PIKI untuk menyosialisasikan pemikiran “Madzhab Cipadung”.

“Kita tidak perlu berwacana tentang pendirian Madzhab Cipadung. Kita akan memberikan kontribusi kongkrit tentang madzhab dan pemikiran kita, inilah madzhab kita yang sesungguhnya dan inilah buktinya. ” Ujar Darun Setiadi sambil menunjuk laman web www.sunangunungdjati.com.

Dasar pemikiran pembangunan situs www.sunangunungdjati.com adalah sebagai respons kreatif karena ada tren kecenderungan berkonvergensinya media cetak dan media online. Oleh karena itu, silaturahim PIKI dengan Sunan Gunung Djati mesti diarahkan pada sesuatu yang produktif. Maka pada pertemuan itu terlaksana silaturahim produktif sebagai kontrak kerja awal antara PIKI dengan pihak www.sunangunungdjati.com.

Sebagai langkah awal, Drs.H. Darun Setiadi, M.Si, selaku Ketua PIKI akan mencoba membuka kanal di www.sunangunungdjati.com. Kanal ini untuk dijadikan media interaksi dengan mahasiswanya, baik menyangkut keperluan tugas, materi, ujian, dan lain-lain. Hal ini bagus dilakukan menyosialisasikan pemikiran civitas akademika UIN Bandung agar tidak terus berwacana tentang pendirian madzhab. *** [Sukron Abdilah]

Ayo Ngeblog, Ayo Berkarya!
Siapa yang akan menyusul langkah PIKI? Hehe…mari bercipika-cipiki dengan Sunan Gunung Djati.

BAGIKAN

Penulis: verified_user

0 komentar: