4 April 2010

Salam Penghormatan

BAGIKAN
SEJAK kecil ibu saya sering melarang untuk mempelajari ilmu bela diri. sampai pindah2 mempelajari ilmu pencak silat, tenaga dalam, TIFAN, karate; sampai saya tidak menguasai satu pun dari ilmu bela diri tersebut. saya selalu, dimarahinya; bahwa ilmu bela diri tersebut tidak akan berguna di masa depan. IA WAKTU itu hanya berkata, ilmu bela diri yang cocok itu adalah "sopan santun" kepada siapa pun.


Sujud dan sembah memiliki makna yang hampir sama. dalam teologi Islam, sujud itu terbagi pada beberapa tanda: 1. sujud pengharapan; 2. sujud penghambaan, 3. sujud penghormatan. Jadi tak ada salahnya untuk menghormati seseorang karena ia layak untuk dihormati. Kadang, kita sedikit pelit memberikan pujian kepada orang lain. Seperti halnya sang iblis, yang terusir dari surga firdaus, karena kesombongan dan keangkuhannya; ia tak mau menghormati Adam sebagai manusia pertama.

Penghoramatan dan kesopansantunan, merupakan bumbu kehidupan yang murah meriah. Seseorang tidak akan menjadi serupa hewan, seandainya dalam hidup keseharian kita menebarkan kesopansantunan laku. Hormat bukan berarti takut...betul kan?
BAGIKAN

Penulis: verified_user

0 komentar: