16 June 2010

Pengguna Twitter Indonesia Peringkat Ke-2 Se-Asia

BAGIKAN
Wabah kebiasaan berkicau via twitter kini memasuki Indonesia. Situs microblogging yang didirikan Maret 2006 oleh Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone, menjadi tempat pergaulan anak muda di internet. Sejak pembentukannya, Twitter telah menjadi sangat populer di seluruh dunia. Twitter kini semakin riuh. Di Indonesia, jumlah penggunanya naik terus secara eksponensial dalam satu tahun belakangan ini. Pada bulan yang sama tahun lalu diperkirakan jumlahnya hanya 500 ribuan, namun kini sudah lebih dari 5 juta.  
Dengan jumlah pemakai sebesar itu, Indonesia menduduki peringkat kedua negara dengan pemakai Twitter terbanyak di Asia. Seperti dilansir pusat Data Google yang dikeluarkan 20 Februari 2010. Negara Indonesia menunjukkan peningkatan yang massif sehingga menempati peringkat sepuluh besar negara di Asia dengan jumlah pemakai Twitter terbanyak. Negara Jepang rupanya menempati urutan pertama dengan jumlah pengguna 9,9 juta. Disusul kemudian oleh Negara Indonesia dengan jumlah sekira 5,1 juta. Kemudian, di bawahnya bertengger Negara India dengan jumlah sekira 4,2 juta. Korea Selatan dengan pengguna sekira 1,5 juta menempati urutan keempat. Negara Filipina (1,3 juta), Thailand (910 ribu), Malaysia (910 ribu), Cina (680 ribu), dan Singapura (240 ribu).
 
Harapannya, peningkatan media sosial di internet yang marak akhir-akhir ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kehadiran teknologi dalam hidup kita, merupakan anugrah dari-Nya yang harus dimanfaatkan untuk sesuatu yang positif. Kita tidak akan disebut manusiawi apabila teknologi hanya menjadi perkakas (tools) dalam melampiaskan laku biadab. Dalam perspektif sosiologi kontemporer, Talcot Parsons menelurkan apa yang disebut dengan “unit act”. Sederhananya, dengan penetrasi yang termasuk dalam angka besar, warga Indonesia mesti menyadari bahwa dunia maya mesti dijadikan sebagai penyebaran ide progresif, etis, dan bermoral. Sebab, antara dunia maya dan dunia nyata memiliki kesatuan aktivitas.

BAGIKAN

Penulis: verified_user

0 komentar: